Friday, November 22, 2019

Bukti Sekolah bekas Belanda di Kota Majalengka

Masa di kota Majalengka enggak punya bangunan bersekolah Hindia Belanda seperti di Cirebon? Ini dia.

SMAN 2 Majalengka merupakan bangunan sekolah bersejarah yang begitu tua pada tahun 1901 masa Hindia Belanda. Sekolah ini sudah cukup terawat dan menjadi cagar budaya pada saat Bapak Luthfi (Balai Arkeologi Jawa Barat) kunjungan ke Kota Majalengka.

Bukti peninggalannya ialah salah satu konstruksi bangunan kayu jendela tertutup serta atap ini pun unik. Lokasi bertepatan di seberang Alun-Alun Kota Majalengka Jalan Ahmad Yani nomor 2.

Menurut Bapak Naro, sekolah ini bertepatan peresmian pada masa pemerintahan Bupati RAA Aria Sastra Ningrat tahun 1920.

Sekolah ini pernah bergonta-ganti nama baik pada masa Hindia Belanda maupun masa Kemerdekaan. Tahun 1901 sebagai Holand Inlandsche School (HIS) kalau sekarang setingkat sekolah dasar khusus orang-orang tertentu baik putra para pejabat dan turunan Ningrat.

Tahun 1950 sebagai Sekolah Rakyat, tahun 1959 sebagai SPG Sekolah Pendidikan Guru dari B hingga A sampai tahun 1965. Tahun 1996-1991 disempurnakan menjadi SPGN (Sekolah Pendidikan Guru Negeri). Dan pada akhirnya tahun 1991 sebagai Sekolah Menengah Atas (SMA). Mulai 15 Juli 1991 sekolah kejuruan ini mengalami alih fungsi menjadi sekolah umum dan diberi nama SMAN Ahmad Yani. Pada tahun 1992 diganti menjadi SMAN 2 Majalengka selanjutnya pada tahun 1994 diganti menjadi SMUN 2 Majalengka.

Dan sesuai sistem Pendidikan Nasional UU Nomor 20 tahun 2003 SMUN 2 Majalengka diganti menjadi SMAN 2 Majalengka.

Sumber :

Dutch Colonial Maps
Madjalengka Baheula

By team : @cirebonheritage

Channel YouTube : https://youtu.be/L_-nxampc-w











No comments:

Al Quran - Surah Ar Rohman

Pengunjungku

web site hit counter