Saturday, November 16, 2019

Polsek Jatiwangi di balik masa Kolonial Hindia Belanda


Dahulunya Polsek Jatiwangi merupakan bekas Kantor Districk Jatiwangi pada masa Hindia Belanda. Buktinya adalah Ornamen Arsitektur Bangunan, Keramik Lantai, Atap kayu yang masih asli serta Patung Bangau yang letaknya diatas bangunan seperti khas unik  di Eropa. Dan ini merupakan warisan pembangunan masa Hindia Belanda.

Selain itu di depan kantor districk tersebut terdapat jalur KA Cirebon-Kadipaten yang dinaungi oleh perusahaan SCS yang dapat memudahkan mobilitas transportasi barang dan jasa, sehingga kepala distrik selalu terhubung dengan daerah ramai lainnya seperti Cirebon Hingga ke Semarang.

Sebelumnya, Kantor ini pembangunannya berbarengan Pabrik Gula Jatiwangi pada tahun 1848. Menurut sesepuh gedung ini dahulunya juga pernah jadi Markas Polisi Belanda.
Sesudah pada masa Hindia Belanda. Kantor ini diambil alih pada masa pendudukan Jepang yang menjadi markas Polisi Jepang atau dinamakan Junsa.

Dalam buku Selayang Pandang Sejarah Majalengka juga ada keterangan yg sama yakni pada tahun 1940-1941 terdapat pasukan kavaleri berkuda tentara Belanda atau Husar yang dipimpin oleh kapten Berreenschoot yg kemudian beliau tewas akibatnya kecelakaan pesawat terbang. Setelah Jepang datang, ada Junsa atau polisi Jepang menguasai gedung ini.







Hingga kini, Polsek Jatiwangi ini masih dipertahankan keaslian cagar budaya dalam UU  Nomor 11 tahun 2010. Salah satunya mengembalikan warna putih ornamen bangunan di balik Kantor Polsek Jatiwangi.

Untuk videonya silahkan ikuti Tautan ini
https://youtu.be/4CPlIdc2Cco

No comments:

Al Quran - Surah Ar Rohman

Pengunjungku

web site hit counter