Saturday, October 18, 2008

Pengajian Di Masjid Indonesia Cairo

Saya pergi pada jam 1.50. Mulainya pada jam 2:00 sampai 4:00. Pada Hari Sabtu. Saya pengajian dengan Teman-teman dari SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Ust. Aep Saepulloh sambil mendengarkan Manfaat Puasa Enam Hari Syawal, Bolehkah Puasa Sunat Syawal Pada Hari Jum' at?, dan Mengenal Macam-macam Puasa dalam Islam. Pengajiannya di Masjid Indonesia Cairo. Saya mendengarkan dari Ust. Aep Saepulloh adalah Manfaat Puasa Enam Hari Syawal. Puasa enam hari pada bulan Syawal termasuk puasa sunnat. Rasulullah saw sangat mengajurkannya, sampai dalam hadits di atas pahalanya sama dengan pahala satu tahun. Puasa ini boleh dilakukan berurutan sej tanggal dua syawal, sebagaimana pendapat Imam Syafi'i, atau boleh juga tidak berurutan yang penting enam hari pada bulan Syawal sebagaimana pendapat Jumhur ulama seperti Imam Waki' dan Imam Ahmad. Di antara manfaat puasa Syawal ini sebagaimana dituturkan Ibnu Rajab adalah sebagai berikut:

1. Puasa enam hari pada bulan Syawal pahalanya sama dengan puasa satu tahun penuh sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

2. Puasa pada bulan Syawal dan Sya'ban seperti shalat sunnat rawatib. Fungsinya untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam shalat wajib. Karena, kelak pada hari Kiamat, pahala wajib dapat disempurnakan dengan amalan sunnat.

3. Dengan puasa enam hari pada bulan Syawal di antara ciri puasa Ramadhannya diterima oleh Allah, karena apabila Allah menerima amal ibadah seseorang, Allah akan memudahkan orang tersebut untuk melakukan amal shaleh laiinya. Para ulama berkata: " Pahala kebaikan adalah dengan kebaikan setelahnya. Siapa yang melakukan kebaikan, lalu setelahnya diikuti dengan kebaikan lainnya, maka itu bukti diterimannya kebaikan pertama".

No comments:

Al Quran - Surah Ar Rohman

Pengunjungku

web site hit counter